Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Manulife Indonesia

Asuransi Jiwa Terbaik - Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Profil Perusahaan

Manulife Indonesia

Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Dengan surat izin perusahaan nomor: S. 254/MK.17/99 serta Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor Kep-020/KM.13/1989, Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada klien individu maupun pelaku usaha di Indonesia. Melalui jaringan lebih dari 11.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 25 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani lebih dari 2 juta klien di Indonesia.
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Manulife Indonesia telah memperoleh sejumlah penghargaan bergengsi sepanjang tahun 2014:
  1. Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai 'Perusahaan Asuransi Pertama yang Memproduksi dan Menayangkan Program Edukasi Finansial di Televisi'.
  2. Peringkat Pertama pada Excellent Service Experience Award (ESEA) 2015 untuk ketiga kalinya dalam kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan.
  3. Penghargaan ‘Best Employer 2015’ Special Recognition Award Women in the Workforce dari AON Hewitt.
  4. Peringkat ke-2 “Asuransi Jiwa Terbaik Kategori Aset di atas Rp 15 Triliun” pada Penghargaan Best Insurance Companies 2014 yang diadakan oleh Majalah Investor.
  5. Predikat “Excellent” dalam Membangun dan Menjaga Citra Perusahaan dari Corporate Image Award 2014, Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group.
  6. Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) ke-11 sebagai Perusahaan Penyedia Program Employee Benefits Terlengkap di Indonesia dengan Pertumbuhan Bisnis Tertinggi Selama 3 Tahun Berturut-turut.

Manulife 


Manulife merupakan grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Kami dikenal sebagai John Hancock di Amerika Serikat dan Manulife di negara-negara lain. Manulife menyediakan solusi keuangan yang kuat, andal, dapat dipercaya serta berorientasi ke masa depan untuk keputusan-keputusan penting keuangan para nasabah. Jaringan internasional para karyawan, agen, dan mitra distribusi kami menawarkan produk dan jasa perlindungan keuangan dan wealth management kepada jutaan nasabah. Kami juga menyediakan jasa manajemen aset kepada nasabah institusi di seluruh dunia. Dana yang dikelola oleh Manulife dan seluruh anak perusahaannya mencapai C$821 miliar (US$648 miliar) per 31 Maret 2015.
Manulife Financial Corporation diperdagangkan dengan simbol ‘MFC’ di TSX, NYSE, dan PSE, dan dengan simbol ‘945’ di SEHK. Manulife dapat ditemukan di internet dengan alamat manulife.com.

Peta Kantor Pemasaran



Visi dan Misi Manulife Indonesia

 

 

 

 

 

Visi

Menjadi penyedia jasa keuangan yang paling profesional di dunia dengan menyediakan solusi yang tepat, dapat diandalkan, terpercaya dan terdepan bagi keputusan penting perencanaan keuangan nasabah kami.

Misi

Untuk menjadi penyelenggara jasa keamanan finansial yang terdepan bagi masyarakat Indonesia.
Nilai-Nilai Perusahaan : PRIDE
Manulife Indonesia memiliki nilai-nilai untuk menuntun setiap langkah perusahaan, mulai dari perencanaan strategis, pengambilan keputusan sehari-hari, hingga cara perusahaan memperlakukan nasabah serta pemangku kepentingan lainnya. Komitmen Manulife Indonesia dituangkan dalam singkatan PRIDE.

PRIDE

Profesionalism (Profesionalisme)
Sasaran Manulife Indonesia adalah untuk menjadi perusahaan yang memiliki standar profesionalisme tinggi di industri asuransi jiwa yang didukung oleh karyawan dan agen yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tinggi untuk melayani kepentingan nasabah
Real Value to Our Customer (Nilai Nyata Bagi Nasabah)
Keberadaan Manulife Indonesia semata-mata adalah untuk memuaskan nasabah. Dengan menyediakan produk-produk, pelayanan, dan nilai-nilai jangka panjang yang berkualitas tinggi, kami akan memastikan semua nasabah mendapat solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.
Integrity (Integritas)
Seluruh pelayanan Manulife Indonesia memiliki nilai kejujuran dan keadilan yang tinggi. Kepercayaan nasabah dibangun dengan menjunjung tinggi kode etik yang berlaku dalam industri asuransi jasa.
Demonstrated Financial Strength (Kekuatan Finansial)
Manulife Indonesia berkewajiban memenuhi janji finansialnya kepada nasabah di masa mendatang. Oleh karena itu, kami senantiasa mempertahankan kemampuan membayar klaim dengan kondisi keuangan yang sehat dan hasil investasi yang maksimal, serta tetap konsisten dengan falsafah manajemen investasi yang bertanggung jawab.
Employer of Choice (Perusahaan Pilihan)
Manulife Indonesia sangat menghargai karyawan dan agen yang merupakan kunci keberhasilan perusahaan. Untuk menarik minat dan mempertahankan tenaga kerja terbaik dan handal, kami memiliki komitmen untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia serta memberikan penghargaan atas prestasi terbaik.

Manajemen

Direksi 



 

Penghargaan dan Prestasi

Manulife Penghargaan dan Prestasi

Manulife Indonesia, tumbuh dan maju bersama Anda! Seiring dengan globalisasi, standarisasi menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari ritme perusahaan. Penggunaan standar ini menjadi acuan kinerja dan jaminan mutu layanan perusahaan. Sertifikasi ISO dari lembaga internasional pun sangat dibutuhkan.

Tahukah Anda bahwa Manulife Indonesia sudah mendapatkan ISO 9001?

ISO 9001 merupakan sebuah sertifikasi standar internasional untuk sistem manajemen mutu perusahaan. Manulife Indonesia berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2000 pada tahun 1997. Saat itu, Manulife Indonesia menjadi perusahaan asuransi jiwa patungan pertama yang mendapatkan pengakuan bergengsi tersebut. Pada tahun 2000, giliran MAMI, DPLK dan BSI yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000. Hal ini menjadi catatan prestasi yang luar biasa, karena menunjukkan kemampuan MAMI sebagai asset management pertama dan DPLK serta BSI sebagai program pensiun pertama di Indonesia yang sudah sesuai dengan standar internasional.
Di tahun 2009 , ketiga lini bisnis Manulife Indonesia yang mencakup: asuransi jiwa, program pensiun DPLK dan reksa dana mendapat ISO 9001:2008 dari badan sertifikasi URS (United Registrar of Systems) yang diakreditasi oleh UKAS (United Kingdom Accreditation System). Saat ini, hanya sedikit perusahaan asuransi, asset management dan pengelola program pensiun di Indonesia yang mendapatkan akreditasi tersebut.
Dengan raihan pengakuan standar internasional ini, Manulife Indonesia sebagai sebuah organisasi telah dievaluasi, diakreditasi dan telah berhasil menjaga sekaligus meningkatkan kualitas dari produk-produk asuransi untuk kepuasan para pelanggannya.
Manulife Highlight lainnya dapat dilihat di bawah ini:
TAHUN 2015
BulanPredikat
Oktober
  • Unit Bisnis Syariah meraih predikat ‘Sangat Bagus’ pada penghargaan Sharia Finance Award 2015, kategori asuransi jiwa syariah.
  • 'Top 3 Best Customer Choice' pada Penghargaan Insurance Consumer Choice Awards 2015 di 2 (dua) kategori: Asuransi Jiwa & Pendidikan dan Asuransi Pendidikan
Mei
  • Peringkat ‘Diamond’ pada Service Quality Awards 2015, kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan
  • Peringkat kedua penghargaan Multination Corporation Web Awards Berita Satu, kategori asuransi jiwa.
MaretPenghargaan AON Hewitt Best Employers Indonesia 2015, kategori 'Special Recognition Award Women in the Workforce'.
FebruariPeringkat pertama penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2015 untuk ketiga kalinya sebagai perusahaan terbaik kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan.
JanuariPenghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai "Perusahaan Asuransi Pertama yang Memproduksi dan Menayangkan Program Edukasi melalui Stasiun Televisi".

TAHUN 2014
BulanPredikat
November
  • Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) ke-12 sebagai ‘Perusahaan Penyedia Konten Edukasi Asuransi Terbanyak di Indonesia’.
  • Peringkat ke-3 “Product Quality Award: Asuransi Jiwa dan Kesehatan Terbaik” pada Business Excellence Award 2014 di Medan.
  • Predikat “Excellent” untuk After Sales Service Award Kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan di Surabaya pada Business Excellence Award 2014
Oktober
  • Predikat “The Best in Market Driving” dan “The Best in Social Marketing” dalam Marketing Awards 2014.
  • Predikat "The Most Empathetic Life Insurance Company" pada Consumer Choice Award 2014.
  • Predikat “Excellent” untuk Product Quality Award Kategori Asuransi Kesehatan di Makassar pada Business Excellence Award 2014.
  • Predikat “Perusahaan Pencetak Pemimpin” di Indonesia Leadership & Human Capital Summit 2014.
SeptemberUnit Syariah Manulife Indonesia mendapatkan predikat “Sangat Bagus” pada Sharia Finance Awards 2014, kategori Asuransi Jiwa Syariah.
JuliPeringkat ke-2 “Asuransi Jiwa Terbaik Kategori Aset di atas Rp 15 Triliun” pada Penghargaan Best Insurance Companies 2014 yang diadakan oleh Majalah Investor.
JuniPredikat 'Excellent' dalam Menjaga dan Membangun Citra Perusahaan pada Corporate Image Award 2014, kategori Asuransi Jiwa Besar dengan Premi > Rp 5 Triliun.
MeiPenghargaan Rekor Bisnis (ReBi) ke-11 sebagai Perusahaan Penyedia Program Employee Benefits Terlengkap di Indonesia dengan Pertumbuhan Bisnis Tertinggi Selama 3 Tahun Berturut-turut.
FebruariPeringkat Pertama dengan Predikat Good; Excellent Service Experience Award (ESEA) 2014 untuk kategori Perusahaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan dari Bisnis Indonesia dan Carre Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre – CCSL) untuk kinerja tahun 2013.
JanuariPeringkat Kedua; Digital Brand of the Year Award 2014 untuk kategori Corporate Digital Brand - Perusahaan Asuransi Jiwa dari majalalah Infobank untuk kinerja tahun 2013.

TAHUN 2013
BulanPredikat
JuliPredikat ”Sangat Bagus” pada penghargaan Infobank Insurance Awards 2013 dari majalah Infobank untuk ke-8 kalinya pada kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto di atas Rp 1 triliun untuk kinerja tahun 2012
Mei2 (dua) penghargaan Service Quality Awards 2013 dengan peringkat “Diamond” untuk kategori Health Insurance dan Life Insurance Service dari the Service Excellence and Center for Customer Satisfaction & Loyalty.
Maret
  • Silver Award; Indonesia Brand Champion 2013 untuk kategori Most Popular Brand in Health Insurance dari majalah Marketeers dan Mark Plus Insight.
  • Bronze Award; Indonesia Brand Champion 2013 untuk kategori Most Popular Brand in Unit Link Insurance dari majalah Marketeers dan Mark Plus Insight.
FebruariPeringkat Pertama dengan Predikat Good; Excellent Service Experience Award (ESEA) 2013 untuk kategori Perusahaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan dari Bisnis Indonesia dan Carre Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre – CCSL) untuk kinerja tahun 2012.
JanuariPeringkat Kedua; Digital Brand of the Year Award 2013 untuk kategori Corporate Digital Brand - Perusahaan Asuransi Jiwa dari majalalah Infobank untuk kinerja tahun 2012.

TAHUN 2012
BulanPredikat
Desember
  • Peringkat ”Excellence” kategori Asuransi Jiwa pada Net Promoter Customer Loyalty Award 2012 dari Hachiko-Net Promoter® Solutions dan Majalah SWA
Oktober
  • Terpilih sebagai peringkat pertama untuk kategori “The Most Reliable” dari Bisnis Indonesia Award 2012.
September
  • Predikat ”Sangat Bagus” dari majalah Infobank untuk ke-7 kalinya pada kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto di atas Rp 1 triliun untuk kinerja tahun 2011
Juli
  • Predikat Bronze untuk kategori Best Customer Choice of Health Insurance pada Indonesia Brand Champion 2012, yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc.
Juni
  • Perusahaan Asuransi Jiwa Terinovatif 2012 dalam Pengembangan Produk dari majalah Business Review
Mei
  • 2 buah Penghargaan Service Quality Awards 2012 dengan predikat “Gold” rating untuk kategori Health Insurance dan Life Insurance Service dari the Service Excellence and Center for Customer Satisfaction & Loyalty.

TAHUN 2011
BulanPredikat
September
  • Peringkat ” Bagus” kategori Asuransi Jiwa pada Net Promoter Customer Loyalty Award 2011 dari Hachiko-Net Promoter® Solutions dan Majalah SWA -Terpilih sebagai 1st Best Life Insurance oleh anggota Asosiasi Broker Asuransi dan Reasuransi Indonesia (ABAI).
Agustus
  • Predikat ”Sangat Bagus” dari majalah Infobank pada kategori perusahaan asuransi jiwa memiliki premi bruto di atas Rp 1 triliun untuk kinerja tahun 2010
Juli
  • Indonesia Brand Champion 2011 untuk kategori The Best Customer Choice of Health Insurance dari MarkPlus Insight
  • Indonesia Brand Champion 2011 untuk kategori The Best Customer Choice of Unit Link Insurance dari MarkPlus Insight
  • Indonesia Brand Champion 2011 untuk kategori The Most Popular Brand of Health Insurance dari MarkPlus Insight
Mei
  • Service Quality Award 2011 untuk kategori Health Insurance Service dari majalah Service Excellence, majalah Marketing, dan Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre - CCSL)
  • The Best Insurance of the Year dalam ajang ASEAN Business & Company Award 2011 yang diselenggarakan oleh International Achievement Foundation (IAF)

TAHUN 2010
BulanPredikat
November
  • 1st Best Life Insurance Company in 2010 dari Asosiasi Broker Asuransi & Reasuransi Indonesia (ABAI)
  • Most Favorite Life Insurance Company 2010 Asosiasi Broker Asuransi & Reasuransi Indonesia (ABAI)
Mei
  • Meraih Net Promoter Customer Loyalty Award 2010 dengan predikat NPS Good dari
    Octovate Consulting Group dan Majalah Swa
  • Meraih Service Quality Award 2010 dengan predikat Diamond untuk kategori Asuransi
    Kesehatan dan Gold untuk kategoru Asuransi Jiwa dari Majalah Marketing dan
    Carre-CCSL (Center for Customer Satisfaction dan Loyalty).
Maret
  • Meraih peringkat pertama Call Center Award for Service Excellence 2010 untuk kategori Asuransi Jiwa dari CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) dan majalah Marketing.

TAHUN 2009
BulanPredikat
Agustus
  • Meraih Global Service Index Award 2009 yang dipimpin oleh Omni Touch International dan ICMI dalam kategori "The Best Demonstration of Understanding The Customer's Needs" dan "The Best Use of Positive Language" dalam bidang contact center dan call center.
Juli
  • Meraih peringkat pertama Asuransi Jiwa Terbaik 2009, Bisnis Indonesia Awards, dari harian Bisnis Indonesia
  • Meraih predikat Sangat Bagus 2009 dari majalah InfoBank (dari tahun 2002, 2005, 2007, 2008)
  • Dua besar Perusahaan "Asuransi Jiwa Terbaik 2009" dari versi majalah Investor (2007, 2008)
Maret
  • Meraih peringkat pertama Call Center Award for Service Excellence 2008 untuk kategori Asuransi Jiwa dari CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) dan majalah Marketing.

TAHUN 2008
BulanPredikat
Juli
  • Peringkat Kedua Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik 2008 versi majalah Investor.
  • Meraih Predikat Sangat Bagus dari Majalah InfoBank
Juni
  • Meraih 'Service Quality Award 2008" untuk kategori industri asuransi jiwa. Penghargaan ini diberikan oleh Carre-CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) dan Majalah Marketing
  • Tiga Besar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik 2008 versi majalah Investor
Maret
  • “ Call Center Award for Service Excellence 2008” untuk kategori Asuransi Jiwa dari CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) yang bekerjasama dengan majalah Marketing.

TAHUN 2007
BulanPredikat
November
  • Manulife Financial Asia, yang di dalamnya termasuk Manulife Indonesia meraih pengakuan internasional tertinggi dalam dunia asuransi, Life Insurance Company of The Year dari Asia Isurance Review Awards 2007
Juli
  • Mendapat penghargaan "Asuransi Jiwa dengan Predikat Sangat Bagus" dari majalah InfoBank
Juni
  • Meraih Insurance Award 2007 sebagai "Asuransi Jiwa Terbaik untuk kategori asuransi jiwa dengan ekuitas di atas Rp 250 miliar" dari majalah Media Asuransi.
  • Tercatat sebagai "Tiga Besar Asuransi Jiwa Terbaik 2007" dalam daftar The Best 10 Life Insurance Companies 2007 yang dikeluarkan oleh majalah Investor.

TAHUN 2006
BulanPredikat
Februari
  • Manulife Indonesia meraih penghargaan Call Center Awards 2006

TAHUN 2005
BulanPredikat
Desember
  • Manulife Indonesia menerima penghargaan CSR Awards 2005
Agustus
  • Perusahaan Asuransi Jiwa dengan predikat SANGAT BAGUS oleh Majalah InfoBank
Juni
  • Produk Reksa Dana ‘Phinisi Dana Tetap Pemerintah’ terpilih sebagai Reksa Dana Obligasi Pemerintah Terbaik 2005 berdasarkan kinerja 3 tahun terakhir oleh Majalah Investor.
Januari
  • Tercatat sebagai "Tiga Besar Asuransi Jiwa Terbaik 2007" dalam daftar The Best 10 Life Insurance Companies 2007 yang dikeluarkan oleh majalah Investor.

TAHUN 2004
BulanPredikat
Januari
  • Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) terpilih sebagai Manajer Investasi Terbaik 2004 oleh Majalah Investor.

TAHUN 2003
BulanPredikat
Desember
  • Terpilih sebagai ‘Indonesia’s Most Admired Company (IMAC) 2003 atau ‘Perusahaan Yang Paling Dikagumi’ untuk kategori Asuransi menurut Frontier Marketing Research dan Majalah Business Week.
April
  • Peringkat 2 Perusahaan DPLK dengan Nilai Investasi Terbesar di Indonesia menurut Laporan Asosiasi DPLK Tahun 2002

TAHUN 2002
BulanPredikat
Oktober
  • Terpilih sebagai 'Life Insurance Company of the Year 2002 in Asia' dari Asia Insurance Review pada 20 Oktober 2002 di Tokyo-Jepang. Penghargaan ini merupakan prestasi yang diterima pertama kali oleh perusahaan asuransi jiwa dari Indonesia.
September
  • Peringkat 3 Survei Kepuasan Nasabah Kategori Asuransi Jiwa menurut Frontier Marketing Research & Majalah SWA
Agustus
  • Perusahaan Asuransi Jiwa dengan kategori SANGAT BAIK menurut Majalah Info Bank
  • Peringkat 2 Manajer Investasi untuk Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menurut Majalah Investor
Juli
  • Peringkat 1 Perusahaan Asuransi Jiwa menurut Majalah Pilar Bisnis
  • Peringkat 2 Perusahaan Asuransi Jiwa Patungan (Jouint Venture) menurut Majalah Investor

TAHUN 2001
BulanPredikat
  • Peringkat 4 Asuransi Jiwa dan Kesehatan Kumpulan menurut DAI Reports Tahun 2001
September
  • Asuransi Jiwa Patungan PERTAMA Penerima ISO 9001: 2000 ( merupakan penyesuaian dari ISO 9002 : 1994 yang diperoleh pada bulan Oktober 1997 )

 

Laporan Tata Kelola Perusahaan

Laporan Tata Kelola Perusahaan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Prinsip-Prinsip Dasar Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik di Perusahaan
Seiring dengan peranan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memastikan penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik/ Good Corporate Governance (GCG) di dalam industri jasa keuangan melalui pemberlakuan peraturan perundang-undangan yang secara lebih komprehensif mengatur mengenai GCG, Perusahaan berusaha untuk selalu menjadi yang terdepan dalam mengakomodir setiap perubahan yang ada dengan tetap berpegang teguh pada kelima prinsip dasar GCG yang terdiri dari: (i) Keterbukaan (transparency); (ii) Akuntabilitas (accountability); (iii) Tanggung Jawab (responsibility); (iv) Independensi (independence); dan (v) Kewajaran (fairness).
Hasil Laporan dan Penilaian Mandiri Penerapan Prinsip-Prinsip GCG Perusahaan Tahun 2014
Penerapan prinsip-prinsip GCG berdasarkan hasil penilaian mandiri penerapan prinsip-prinsip GCG tahun 2014 yang telah disampaikan kepada Direktur Pengawas Asuransi dan BPJS Keuangan Otoritas Jasa Keuangan melalui surat Perusahaan No.17/MI/II/2015 tanggal 24 Februari 2015, Perusahaan telah melakukan beberapa perbaikan dan pengembangan baik dalam struktur, sistem maupun dokumen, dibandingkan hasil penilaian mandiri tahun 2013, yakni:
  1. Struktur
    Terdapat perubahan struktur pada susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan pada tahun 2014 sehingga susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan saat ini adalah sebagaimana yang dinyatakan dalam keterangan mengenai Direksi dan Dewan Komisaris di bawah ini.
  2. Sistem
    Secara berkelanjutan mengembangkan whistleblowing system dengan mengaktifkan Hotline Ethics Service dan melakukan sosialisasi melalui beberapa inisiasi dengan memanfaatkan berbagai media ke seluruh karyawan dan tenaga pemasar.
  3. Dokumen
  • Sebagai bentuk komitmen atas penerapan GCG, Perusahaan telah melakukan pemetaan atas komite-komite yang dipersyaratkan oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.2/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Perasuransian (”POJK GCG”) dan dibutuhkan oleh Perusahaan yang terdiri dari: (i) Komite Tata Kelola; (ii) Collaboration Committee; dan (iii) Communication Board. Komite-komite tersebut telah dilengkapi dengan piagam-piagam sebagai panduan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.
    Komite Tata Kelola merupakan komite yang dipersyaratkan oleh POJK GCG, terdiri atas:
    • 2 (dua) Komite di bawah Dewan Komisaris Perusahaan yakni: (a) Komite Audit dan Risiko; dan (b) Komite Tata Kelola;
    • 4 (empat) Komite di bawah Direksi Perusahaan yakni: (a) Komite Pengawasan Risiko; (b) Komite Anti Pencucian Uang; (c) Komite Investasi; dan (d) Komite Pengawasan Produk;
  • Memperbaharui beberapa dokumen/pedoman/kebijakan:
    • Mengungkapkan penerapan GCG dalam Laporan Tahunan Perusahaan untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2014;
    • Pedoman Prinsip Mengenal Nasabah untuk Pencegahan Tindakan Pencucian Uang dan Pembiayaan Teroris; dan
    • Mengungkapkan secara berkala Etika Bisnis dan Pedoman Perilaku.
Struktur Tata Kelola
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
RUPS merupakan organ perseroan tertinggi yang memegang segala kewenangan yang tidak didelegasikan kepada Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selama tahun 2014, Perusahaan melaksanakan 1 (satu) kali RUPS Tahunan, pada tanggal 16 Juni 2014 yang telah dituangkan dalam Minutes of the Annual General Meeting of the Shareholders of PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia No.LC/i/AGMS/6/2014 dan 1 (satu) keputusan secara sirkuler.
Dewan Komisaris
Dewan Komisaris secara kolektif melakukan pengawasan dan memberi nasihat kepada Direksi dengan mendahulukan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Kebijakan dilandasi oleh itikad baik, kehati-hatian dan rasa tanggung jawab dan ditujukan pada kepentingan Perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan.
  2. Kebijakan diambil secara terbuka kepada Direksi maupun para pemangku kepentingan.
  3. Kebijakan dilandasi oleh objektifitas serta perlakuan yang adil dan konsisten pada data dan informasi yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris.
Komisaris Independen
Perusahaan sedang dalam proses untuk memenuhi ketentuan mengenai jumlah dan kualifikasi dari Komisaris Independen sebagaimana diatur dalam POJK GCG.
Keanggotaan dan Komposisi
Terhitung sejak tanggal 22 Juli 2014, komposisi anggota Dewan Komisaris Perusahaan terakhir adalah sebagai berikut:
NamaJabatanReferensi
Philip Hampden Smith (PHS)Presiden KomisarisAkta Notaris Aryanti Artisari, SH., M.Kn. No.46, tanggal 19 August 2014.
Ke Wing Siu (KS)Komisaris
Laksamana Sukardi (LS)Komisaris
Retno Anggraini Dharmayani Muljosantoso (RM)Komisaris
Jonathan Michiel Anthony Hekster (JT)Komisaris
Dr. Suyoto (ST)Komisaris Independen
Rapat Dewan Komisaris
Sepanjang tahun 2014, Dewan Komisaris Perusahaan menyelenggarakan rapat sebanyak 2 (dua) kali dan menghasilkan 4 (empat) keputusan sirkuler, dengan daftar hadir sebagai berikut:
No.TanggalJumlah Kehadiran
PHSKSLSRMJTST
1May 20, 2014vvvVv
2November 21, 2014vvvVVV
%100100100100100100
Komite-Komite Penunjang Dewan Komisaris
Untuk membantu efektifitas pelaksanaan fungsi pengawasan Dewan Komisaris, Perusahaan telah membentuk sebuah komite penunjang Dewan Komisaris yang bekerja secara kolektif, yakni:
Komite Audit & Risiko
Komite Audit & Risiko bertanggung jawab terhadap fungsi pengawasan dan melakukan pengkajian atas proses pelaporan keuangan Perusahaan termasuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap independensi dari auditor independen termasuk  terhadap pengelolaan risiko yang dijalankan oleh Perusahaan dan secara berkala melaporkannya kepada Dewan Komisaris.
Komite Tata Kelola
Komite Tata Kelola berperan dalam pemantauan dan pengkajian atas kebijakan penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang baik secara menyeluruh yang disusun oleh Direksi serta menilai konsistensi penerapannya.
Direksi
Direksi merupakan organ perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas seluruh kegiatan pengurusan Perusahaan agar berjalan sesuai visi, misi, sasaran usaha, strategi, kebijakan dan rencana usaha yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.
Keanggotaan dan Komposisi Direksi
Terhitung sejak tanggal 22 Juli 2014, komposisi Direksi adalah sebagai berikut:
NamaJabatanReferensi
Christopher Franz Bendl (CB)Presiden DirekturAkta Notaris Aryanti Artisari, SH., M.Kn. No.46, tanggal 19 August 2014.
Nelly Husnayati (NH)Wakil Presiden Direktur
Premraj Thuraisingam (PT)*Direktur
Sutikno Widodo Sjarif (SS)Direktur
*PT mengundurkan diri efektif tanggal 14 Juli 2014
Rapat Direksi
Sepanjang tahun 2014, Direksi Perusahaan menyelenggarakan rapat sebanyak 8 (delapan) kali dan menghasilkan 11 (sebelas) keputusan sirkuler,  dengan daftar hadir sebagai berikut:
No.TanggalJumlah Kehadiran
CBNH  PTSS
1January 13, 2014vv-V
2February 24, 2014vv-V
3March 3, 2014v--V
4April 7, 2014vv-V
5June 3, 2014vv-V
6August 25, 2014vvV
7September 8, 2014vvV
8December 15, 2014vvV
%100880100
Komite-Komite Penunjang Direksi
Untuk membantu efektifitas pelaksanaan tanggung jawabnya, Direksi Perusahaan telah membentuk komite-komite sebagai berikut:
Komite Investasi
Komite Investasi bertanggung jawab untuk menelaah dan mengawasi kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur dan strategi investasi untuk seluruh manajemen investasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Komite Pengawasan Manajemen Risiko
Komite Pengawasan Manajemen Resiko bertanggung jawab dalam pelaksanaan fungsi manajemen resiko  yang meliputi pengawasan dan pembahasan permasalahan-permasalahan, proses dan prosedur-prosedur manajemen resiko.
Komite Anti Pencucian Uang (Anti Money Laundering/ AML)
Komite AML bertanggung jawab untuk memastikan pemenuhan kewajiban Perusahaan yang terkait dengan pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah (KYCP).
Komite Pengarahan Produk
Komite Pengarahan Produk bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan kampanye produk agar menghasilkan penjualan yang terdepan dan mengembangkan pengalaman perilaku nasabah.
Dewan Pengawas Syariah (DPS)
Perusahaan yang memiliki unit syariah telah memenuhi persyaratan dan kualifikasi terkait tenaga ahli syariah.
Tugas dan Tanggung Jawab
DPS Perusahaan bertanggung jawab atas tugas-tugas sebagai berikut:
  1. Mengawasi dan memberi nasihat dan saran kepada Direksi agar kegiatan Perusahaan sesuai dengan prinsip Syariah;
  2. berupaya menjaga keseimbangan kepentingan semua pihak, khususnya kepentingan Nasabah;
  3. menyelenggarakan rapat DPS secara berkala paling sedikit enam kali dalam satu tahun.
Keanggotaan dan Komposisi DPS
DPS Perusahaan terdiri dari tiga anggota, dimana penunjukkan ketiganya telah disetujui oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI melalui Surat Keputusan No.U-024/DSN-MUI/I2009 tanggal 22 Januari 2009, dengan komposisi sebagai berikut:
NamaJabatanReferensi Terakhir
Dr. H. Kamaen A. Perwataatmadja, MPAKetua DPSAkta Notaris Aryanti Artisari, SH., M.Kn. No.46, tanggal 19 August 2014.
Dr. H. Mohamad Hidayat, MBA, MHAnggota DPS
Dr. H. Endy M. Astiwara, MA, FIISAnggota DPS
Sekretaris Perusahaan
Fungsi Sekretaris Perusahaan dijalankan melalui Departemen Legal & Compliance dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur telah membantu pelaksanaan GCG secara efektif di Perusahaan.
Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal
Manajemen Perusahaan secara kolektif memiliki tanggung jawab dan akuntabilitas untuk menentukan tujuan-tujuan Perusahaan, menyusun strategi-strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, dan mengembangkan struktur dan proses pengelolaan untuk penanganan terbaik atas risiko-risiko dalam pemenuhan seluruh tujuan tersebut melalui pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal yang efektif dan berkelanjutan.  Sistem Pengendalian Internal yang efektif dan berkelanjutan oleh manajemen dan unit kerja Audit Internal Perusahaan tersebut adalah melalui penerapan model "tiga baris pertahanan" (the three lines of defense).
Secara garis besar, model "tiga garis pertahanan" ini memisahkan secara tegas antara 3 (tiga) bagian (“garis”) yang terlibat dalam pengelolaan risiko yang efektif, yakni: i) Fungsi-fungsi yang memiliki dan mengelola risiko-risikonya, ii) Fungsi-fungsi yang memantau risiko-risiko, dan iii) Fungsi yang melakukan penilaian independen.  Model “tiga garis pertahanan” Perusahaan adalah sebagai berikut:
  1. Garis pertahanan pertama - Unit Bisnis
    Bisnis bertanggung jawab untuk risiko dalam unit mereka termasuk manajemen risiko dan pengawasan yang terkait. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan strategi bisnis mereka sejajar dengan filosofi, risk appetite dan budaya  pengambilan risiko Perusahaan untuk mengevaluasi dan mengelola eksposur risiko secara seksama konsisten dengan kebijakan risiko dan standar praktek Perusahaan, dan untuk memberikan imbal hasil yang sepadan dengan tingkat risiko yang ditanggung. Hal ini didukung oleh manajer risiko global yang bertanggung jawab untuk desain dan pelaksanaan praktek mitigasi risiko yang konsisten dengan kebijakan Perusahaan dan strategi manajemen risiko tertentu.
  2. Garis pertahanan kedua- Manajemen Risiko, Aktuaria, Keuangan, Kepatuhan ("kelompok")
    Kelompok ini memberikan pengawasan independen terhadap pengambilan risiko dan kegiatan mitigasi risiko. Karena Manulife adalah perusahaan global, kelompok ini memiliki akses ke seluruh kebijakan risiko perusahaan dan bidang fungsional perusahaan seperti manajemen risiko korporasi, aktuaria korporasi, keuangan korporasi, kepatuhan global, dan divisi resiko untuk mendukung pengawasan independen kelompok.
  3. Ketiga garis pertahanan - Internal Audit
    Internal Audit memberikan analisis independen mengenai kontrol yang efektif dan tepat terhadap risiko yang melekat dalam bisnis, dan apakah program mitigasi risiko dan fungsi risiko pengawasan efektif dalam mengelola risiko. Internal Audit bertanggung jawab langsung kepada Komite Audit dan Risiko.
Kasus Litigasi
Sepanjang tahun 2014, baik Perusahaan, anggota Dewan Komisaris, Direksi, DPS, maupun seluruh karyawan Perusahaan tidak terlibat dalam perkara hukum apapun.

 

Yayasan Manulife Peduli

Yayasan Manulife Peduli 2016

Aktivitas Kepedulian Sosial di Tahun 2016

1. Manulife Indonesia dan Yayasan Manulife Peduli mengadakan kompetisi menulis "pintar uang" di salah satu sekolah dasar binaan nya di Winongo, Yogyakarta.

Yogyakarta, 19 February 2016, Setelah kompetisi menulis menggunakan computer, tahun 2016 ini Manulife Indonesia dan Yayasan Manulife Peduli, kembali meningkatkan kemampuan siswa untuk mempresentasikan tulisan mengenai kegiatan keuangan mereka sehari – hari dalam sebuah kompetisi menulis “Pintar Uang”.

8 (delapan) pemenang dari kelas 3 – 6 terpilih untuk di berikan dana pendidikan masing – masing sebesar Rp 750.000, saat penyerahan hadiah, kegiatan liteasi keuangan juga di berikan oleh Manulifers dan agent. Total 10 karyawan dan agent berpartisipasi dalam kegiatan ini.

2. Manulife Indonesia dan Yayasan Manulife Peduli resmikan Gedung Baru SDN Pondok Tisuk Sukabumi

Sukabumi, 25 Februari 2016, Manulife Indonesia dan Yayasan Manulife Peduli, meresmikan gedung baru salah satu sekolah binaannya, SDN Pondok Tisuk di Sukabumi, menyusul proyek renovasi sekolah tersebut yang dimulai sejak awal September 2015, merupakan renovasi kedua setelah tahun 2004 setelah bencana gempa bumi yang melanda wilayah tersebut. Renovasi kali ini mencakup pembangunan kembali 3 ruangan kelas, penambahan 1 ruangan kelas, penambahan ruang perpustakaan, pengadaan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan pembangunan kembali ruang guru dan kepala sekolah. Berkat berbagai fasilitas baru tersebut, SDN Pondok Tisuk kini bisa menampung hingga 200 siswa.

 

Koperasi Manulife

Koperasi Karyawan Manulife untuk Kesejahteraan Karyawan 

Koperasi Karyawan 

Koperasi Karyawan Manulife Indonesia merupakan lembaga usaha bersama yang didasari kekeluargaan dalam memberikan jasa dan layanan kepada lebih dari 1.500 anggota tetap dan lebih dari 10.000 anggota tidak tetap..

Berbekal motto “Bersama Wujudkan Kesejahteraan”,  Koperasi bertekad untuk memberi “nilai tambah” kepada seluruh karyawan dan agen Manulife Indonesia melalui sajian-sajian produk dan layanan terbaik. Spirit Koperasi adalah “Easy & Happy” Kami siap melayani Anda !

Kami siap melayani Anda

Informasi lebih lanjut;
Sampoerna Strategic Square, South Tower, lantai P1
Jl. Jend. Sudirman Kavling 45, Jakarta 12930
Telepon: (021) 2555 7788 ext 641700, 641720
Faksimili: (021) 57953117
Email : Koperasi_Manulife_Id@Manulife.com
Kinerja 2012 Koperasi Manulife Indonesia:
-    Aset yang dikelola lebih dari Rp. 9,1 Milyar
-    Jumlah anggota tetap lebih dari 1.500 dan anggota tidak tetap lebih dari 10.000 orang
-    SHU yang dibagikan mencapai Rp. 454 JutaPortofolio bisnis:
Bisnis UtamaBisnis Tambahan
Toko Apple Mart & MerchandiseBusiness Process Outsourcing
Simpan PinjamJasa Kurir
KateringKredit Barang

PENGURUS HARIAN
Pembina
:
Hj Nelly Husnayati
Pengawas
:
Ardhi Lufti Siregar, Ogan Irfan, Santy SP, Linawati Wijaya
Ketua Harian
:
Syarifudin Yunus
Bendahara
:
Shinta Widoyo
Sekretaris
:
Rudi Sholahuddin
Unit Simpan Pinjam
:
Iriani Kusuma / Harsa Martana
Unit Kredit Barang
:
Nur Amalia & Yuliati W.
Unit Katering
:
Desty Yusliawati & Darussalam
Unit Toko Applemart & Merchandise
:
Elizabeth Ira & Belinda Purnama
Unit Jasa Administrasi Outsourcing
:
Tuti Sundari & Sri Ratna
Pengembangan SDM
:
Unun Kusumarini & Setia Tedi
Humas & Promotion
;
Rohimi Z.
Officer   
:
Thia, Rini
Koperasi Karyawan Manulife Indonesia didirikan pada tanggal 13 Maret 1997 dan kini telah melayani lebih dari 16 tahun, dengan terus melakukan perbaikan untuk memberi nilai tambah kepada Anggota. Sejak 2013, KopKar Manulife Indonesia menerapkan sistem informasi dan administrasi AM 800 (AppleMart 800) secara terintegrasi. Dasar pendirian KopKar Manulife Indonesia sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pengesahan dari Departemen Koperasi No.: 135/BH/KWK.9/1998 Maret 1998
  2. Surat izin Tanda Usaha Perdagangan No. 04.144/1.824.51, Pengusaha Kecil pada tanggal 6 Mei 2005
  3. NPWP No. 1.831.966.5-021
  4. Tanda Daftar Perusahaan Koperasi No.: 09.05.2.51.00683 pada tanggal 12 Mei 2005
  5. Surat Keterangan Domisili No.: 298/1.824/09 tgl. 27 Januari 2009 Kecamatan Setiabudi.
  6. Akte Pengasawan Ketenagakerjaan : No. : 2820/AP/JP/2008 tanggal 11 Januari 2008
KOPERASI KARYAWAN Manulife Indonesia saat ini setidaknya telah memiliki berbagai jenis usaha, diantaranya :
  1. Mini Market APPLE MART
    - Layanan toko penjualan kebutuhan pokok sehari-hari, mudah dan dapat diantar yang berdiri sejak 11 September 2002. Berlokasi di Gedung Sampoerna Strategic Square South Tower Lantai P1.  APPLE MART (A=Asset Always Growing, P=Participating from the active member, P= Products more Variety, L= Low Price, E= Easy way out/Easy pay) berkomitmen “melayani Anda sepenuh hati”.
    - Menyediakan kebutuhan promotional items & merchandise Manulife Indonesia sebagai cendera mata terbaik kepada relasi/klien.
    - Menggunakan sistem informasi terpadu “AM 800’
  2. Simpan & Pinjam
    - Layanan simpanan dana untuk anggota sebagai bagian perencanaan keuangan untyuk keperluan biaya pendidikan anak, wisata, dan ibadah.
    - Layanan peminjaman dana/uang untuk memenuhi kebutuhan darurat anggota, seperti biaya sekolah dan perawatan rumah sakit dengan bunga yang kompetitif.
  3. Kredit Barang
    Layanan pemberian kredit berupa barang perlengkapan seperti: gadget, komputer/laptop, elektronik, dan dan motor, laptop, ponsel dan elektronik kepada para angggota..
  4. Jasa Outsourcing
    Layanan penyedia jasa business process dalam membantu kelancaran kerja seperti personnel assistant, cleaning service.
  5. Katering  Layanan penyediaan jasa Lunch Box/Snack Box untuk kegiatan training/event yang bekerjasama dengan perusahaan Catering ternama.
  6. Jasa Kurir
    Layanan jasa pengantaran surat/dokumen "1 Day Service" di wilayah Jakarta dengan tenaga-tenaga berpengalaman.